Sebelumnya
saya minta ma’af ya teman, kali ini kami tidak membuat artikel tenteng japan.
Karena tugas kampus kami harus di pasang di blog, maka saya ijin posting ya.
Posting ini akan hanya bertahan selama 2 minggu kok, sehabis itu kami akan
mulai bagi ilmu lagi >,<)/
pentingnya
kepemimpinan dalam pengambilan keputusan
Sebelum
membahas tentang pembagian peran kepemimpinan terlebih dahulu kita akan
memaparkan tentang pengertian peran kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan
adalah adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang
diorganisasi ke arah pencapaian tujuan. Dalam pengertian lain kepemimpinan
adalah kemampuan dan keterampilan seseorang yang menduduki jabatan sebagai
pimpinan satuan kerja untuk mempengaruhi orang lain, terutama bawahannya, untuk
berfikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga melalui perilaku yang positif
ia memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.
Sedangkan
pengertian peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang
dalam posisi tertentu. Jadi dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa
peranan kepemimpinan adalah seperangkat perilaku yang diharapkan dilakukan oleh
seseorang sesuai kedudukannya sebagai seorang pemimpin.
Beberapa hal
yang perlu diperhatikan bagi seorang pemimpin.
1. Yang
menjadi dasar utama dalam efektivitas kepemimpinan bukan pengangkatan atau
penunjukannya, melainkan penerimaan orang lain terhadap kepemimpinan yang
bersangkutan
2. Efektivitas
kepemimpinan tercermin dari kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang
3.
Efektivitas kepemimpinan menuntut kemahiran untuk “membaca” situasi
4. Perilaku
seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui pertumbuhan dan
perkembangan
5. Kehidupan
organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta bila setiap anggota mau
menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai tujuan organisasi.
PERAN
KEPEMIMPINAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Kepemimpinan
seseorang dalam sebuah organisasi sangat besar perannya dalam setiap
pengambilan keputusan, sehingga membuat keputusan dan mengambil tanggung jawab
terhadap hasilnya adalah salah satu tugas pemimpin.
Dilain hal,
pengambilan keputusan dalam tinjauan perilaku mencerminkan karakter bagi seorang
pemimpin. Oleh sebab itu, untuk mengetahui baik tidaknya keputusan yang diambil
bukan hanya dinila dari konsekwensi yang ditimbulkannya, melainkan melalui
berbagai pertimbangan dalam prosesnya.
Teori
keputusan meupakan metodologi untuk menstrukturkan dan menganalisis situasi
yang tidak pasti atau berisiko. Pengambilan keputusan adalah proses mental
dimana seorang manajer memperoleh dan menggunakan data dengan menanyakan hal
lainnya, menggeser jawaban untuk menemukan informasi yang relevan dan
menganalisis data.
KESIMPULAN
Berdasarkan
pada uraian di atas, maka seorang pemimpin selayaknya memiliki peran sebagai
contoh yang baik bagi karyawannya. Karena seorang pemimpinlah yang di pandang
tinggi oleh bawahannya, oleh karena itu berikanlah yang terbaik agar mereka
mengikuti apa yang dilakukan pemimpinnya. Misalkan, jika berbuat baik maka menghasilkan
buah yang baik, dan sebagaimana kebalikannya. Jika buruk, maka buruklah hasil
buahnya.
Sekian dari
saya jika ada kesalahan mohon ma’af sebesar besarnya.
Andhika Sp
11410100228
Sistem Informasi (SI)
Posting Komentar