Pentingnya Kepemimpinan dalam Pengambilan Keputusan


Sebelumnya saya minta ma’af ya teman, kali ini kami tidak membuat artikel tenteng japan. Karena tugas kampus kami harus di pasang di blog, maka saya ijin posting ya. Posting ini akan hanya bertahan selama 2 minggu kok, sehabis itu kami akan mulai bagi ilmu lagi >,<)/




Artikel tentang Pentingnya Kepemimpinan dalam Pengambilan Keputusan dari tugas “Pentingnya Informasi Dalam pengambilan Keputusan (SIM)”

pentingnya kepemimpinan dalam pengambilan keputusan

Sebelum membahas tentang pembagian peran kepemimpinan terlebih dahulu kita akan memaparkan tentang pengertian peran kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan adalah adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan. Dalam pengertian lain kepemimpinan adalah kemampuan dan keterampilan seseorang yang menduduki jabatan sebagai pimpinan satuan kerja untuk mempengaruhi orang lain, terutama bawahannya, untuk berfikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga melalui perilaku yang positif ia memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.
Sedangkan pengertian peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu. Jadi dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa peranan kepemimpinan adalah seperangkat perilaku yang diharapkan dilakukan oleh seseorang sesuai kedudukannya sebagai seorang pemimpin.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi seorang pemimpin.

1. Yang menjadi dasar utama dalam efektivitas kepemimpinan bukan pengangkatan atau penunjukannya, melainkan penerimaan orang lain terhadap kepemimpinan yang bersangkutan
2. Efektivitas kepemimpinan tercermin dari kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang
3. Efektivitas kepemimpinan menuntut kemahiran untuk “membaca” situasi
4. Perilaku seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui pertumbuhan dan perkembangan
5. Kehidupan organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta bila setiap anggota mau menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai tujuan organisasi.

PERAN KEPEMIMPINAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Kepemimpinan seseorang dalam sebuah organisasi sangat besar perannya dalam setiap pengambilan keputusan, sehingga membuat keputusan dan mengambil tanggung jawab terhadap hasilnya adalah salah satu tugas pemimpin.

Dilain hal, pengambilan keputusan dalam tinjauan perilaku mencerminkan karakter bagi seorang pemimpin. Oleh sebab itu, untuk mengetahui baik tidaknya keputusan yang diambil bukan hanya dinila dari konsekwensi yang ditimbulkannya, melainkan melalui berbagai pertimbangan dalam prosesnya.
Teori keputusan meupakan metodologi untuk menstrukturkan dan menganalisis situasi yang tidak pasti atau berisiko. Pengambilan keputusan adalah proses mental dimana seorang manajer memperoleh dan menggunakan data dengan menanyakan hal lainnya, menggeser jawaban untuk menemukan informasi yang relevan dan menganalisis data.

KESIMPULAN

Berdasarkan pada uraian di atas, maka seorang pemimpin selayaknya memiliki peran sebagai contoh yang baik bagi karyawannya. Karena seorang pemimpinlah yang di pandang tinggi oleh bawahannya, oleh karena itu berikanlah yang terbaik agar mereka mengikuti apa yang dilakukan pemimpinnya. Misalkan, jika berbuat baik maka menghasilkan buah yang baik, dan sebagaimana kebalikannya. Jika buruk, maka buruklah hasil buahnya.

Sekian dari saya jika ada kesalahan mohon ma’af sebesar besarnya.

Andhika Sp
11410100228
Sistem Informasi (SI)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. J-Project - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger